Selasa, 19 November 2013

PERTEMPURAN SURABAYA


SEJARAH REVOLUSI NASIONAL
PERTEMPURAN SURABAYA


MAKALAH
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Bahasa Indonesia
yang dibina oleh Bapak Didin Widyartono, S.S., S.Pd., M.Pd.

Oleh
Misda Ulum
130731615721



  





UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU SOSIAL
JURUSAN
SEJARAH
Oktober 2013


                                                      DAFTAR ISI
                                                                 
UCAPAN TERIMA KASIH..........................................................................i
DAFTAR ISI..................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang..................................................................... .........1
1.2    Rumusan Masalah................................................................ .........2         
1.3    Tujuan................................................................................... .........2         
BAB II  PEMBAHASAN
2.1  Sekutu Datang Ke Surabaya................................................ ........3
2.2  Terjadi Pertempuran Di Surabaya ............................. ..................4
2.3  Cara Rakyat Surabaya Mempertahankan kekuasaannya..............6
BAB III PENUTUP
3.1 KESIMPULAN.................................................................... ........7          
3.2 SARAN................................................................................. ........7
DAFTAR RUJUKAN...................................................................................8



BAB I

PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang  
Peristiwa 10 November merupakan sejarah perang antara Indonesia dan Belanda. Pada 1 Maret 1942 tentara Jepang mendarat di pulau Jawa dan tujuh hari kemudian tepatnya 8 Maret, pemerintah kolonial Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang sejak itu Indonesia di duduki oleh Jepang (http://www.kumpulansejarah.com/2013/07). Di Surabaya, di kibarkannya bendera Belanda merah-putih-biru di hotel Yamato, telah melahirkan insiden tunjangan yang menyulut berkobarnya bentrokan-bentrokan bersenjata antara pasukan Inggris dengan badan-badan perjuangan yang dibentuk oleh rakyat. Bentrokan-bentrokan bersenjata dengan tentara Inggris di Surabaya, memuncak dengan terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby (pimpinan tentara Inggris untuk Jawa Timur), pada 30 Oktober.
Peristiwa berdarah di Surabaya ketika itu juga telah menggerakan perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan. Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat yang menjadi korban ketika itulah kemudian di kenang sebagai HARI PAHLAWAN.


1.2   Rumusan Masalah
1.1.1        Mengapa Sekutu datang ke Surabaya ?
1.1.2        Mengapa terjadi pertempuran di Surabaya ?
1.1.3        Bagaimana cara rakyat Surabaya mempertahankan kekuasaannya ?

1.3  Tujuan
1.1.4        Mengetahui bagaimana rakyat Surabaya mempertahankan kekuasaannya
1.1.5        Mengetahui pertempuran rakyat Surabaya dengan Sekutu
1.1.6        Mengetahui para tokoh  pejuang waktu melawan Sekutu di Surabaya
















BAB II

PEMBAHASAN


2.1  Sekutu Datang Ke Surabaya
Kota-kota yang sangat penting artinya bagi perhubungan laut Indonesia, ialah : Medan, Jakarta, Surabaya, Makasar. Pendaratan-pendaratan Sekutu, mula-mula dilakukannya di kota-kota tersebut dan kemudian dari kota-kota inilah terus dilanjutkannya ke tempat-tempat strategis lainnya. Tentara Sekutu yang mula-mula mendarat di Jakarta, kemudian melanjutkan pendaratannya di Surabaya.
Noman Dekker (1980 : 32) menyatakan bahwa:
Pada tanggal 25-10-1945, mendaratlah di Surabaya Brigade ke-49 dari Divisi ke-23 (Divisi India) di bawah pimpinan Brigadir Mallaby dengan anak buahnya 6000 orang.
Kedatangannya di Surabaya tidak menimbulkan ketegangan, malahan pasukan Sekutu ini di bantu di dalam mengurus soal tawanan perang itu. Tentara Inggris datang ke Indonesia tergabug dalam AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) atas keputusan dan atas nama Blok Sekutu, dengan tugas untuk melucuti tentara Jepang, membebaskan para tawanan perang yang di tahan Jepang, serta memulangkan tentara Jepang  ke negerinya. “tentara Inggris yang datang membawa misi mengembalikan Indonesia kepada administrasi pemerintahan Belanda sebagai negeri jajahan Hindia Belanda” (http://mohkusnarto.com). NICA (Netherlands Indies Civil Administration) ikut membonceng bersama rombongan tentara Inggris untuk tujuan tersebut. Hal ini memicu gejolak rakyat Indonesia dan memunculkan pergerakan perlawanan rakyat Indonesia dimana-mana melawan tentara AFNEI dan pemerintahan NICA.





2.2  Tejadi Pertempuran Di Surabaya
Pertempuran Surabaya tidak lepas kaitannya dengan peristiwa yamg mendahuluinya, yaitu usaha perebutan kekuasaan dan senjata dari tangan Jepang yang di mulai tanggal 2 September 1945. Perebutan kekuasaan dan senjata ini membangkitkan suatu pergolakan sehingga berubah menjadi situasi revolusi yang konfrontatif. “Pada tanggal 25 Oktober 1945, brigade 49 di bawah pimpinan Brigadier Mallaby, brigade ini adalah bagian dari Divisi India ke-23 di bawah pimpinan Mayor Jenderal D.C. Howthorn” (Sejarah Nasional Indonesia, Edisi Pemutakhiran VI/187). mereka mendapat tugas dari Panglima AFNEI untuk melucuti serdadu Jepang dan menyelamatkan para interniran Sekutu. Setelah diadakan pertemuan antara wakil-wakil pemerintah RI dan Brigadier Mallaby di capai kesepakatan. Pihak Inggris juga menyatakan bahwa di antara tentara mereka tidak terdapat tentara Belanda. Dalam perkembangan selanjutnya, ternyata pihak Inggris mengingkari janjinya. “pada tanggal 27 Oktober 1945 pukul 11.00 pesawat terbang Inggris menyebarkan pamflet-pamflet yang berisi perintah agar rakyat Surabaya pada khususnya dan Jawa Timur pada umumnya untuk menyerahkan senjata yang di rampas dari tangan Jepang” (www.kumpulansejarah.com/2013/07). Brigadier Jenderal Mallaby mengaku tidak tahu soal pamflet tersebut. Dia bahkan berpendirian sekalipun sudah terdapat perjanjian dengan pemerintah RI, tetapi dia kana melaksanakan tindakan sesuai dengan isi pamflet-pamflet tersebut. Sikap itu menghilangkan kepercayaan pemerintah RI terhadap pihak Inggris.
Pada pukul 14.00 tanggal 27 Oktober 1945terjadi kontak senjata yang pertama antara pihak pemuda dan Inggris (Sejarah Nasional Indonesia, Edisi Pemutakhiran VI/188). Peristiwa meluas menjadi serangan umum terhadap kedudukan Inggris bertambah kritis. Tank-tank mereka berhasil di lumpuhkan. Pada tanggal 29 Oktober 1945, beberapa objek vital dapat di rebut kembali oleh pemuda. Dan setelah itu pihak Inggris menghubungu Presiden Soekarno dan meminta Presiden agar memerintaahkan pihak Indonesia menghentikan serangan. Pada keesokan harinya tanggal 29 Oktober pukul 11.30, Presiden Soekarno bersama-sama dengan Mayor Jenderal D.C. Hawthorn, atasan Brigadier Mallaby tiba di Surabaya. Presiden Soekarno di dampingi oleh Wakil Presiden Drs. Moh. Hatta dan Menteri Penerangan Amir Syarifuddin segera berunding dengan Mallaby. Perundingan menghasilkan keputusan: menghentikan kontak senjata. Tetapi pada sore harinya ketika Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Drs. Moh. Hatta, Amir Syarifuddin beserta Mayor Jenderal D.C. Hawthorn kembali ke Jakarta, maka terjadilah pertempuran, sehingga mengakibatkan matinya Brigadier Mallaby. “Inggris mulai lagi mendaratkan tentaranya di Surabaya dari Divisi India ke-5, sebanyak 24.000 orang dibawah pimpinan : Jenderal Mayor Mansergh (Noman Dekker, 1980:33). Pada 9 Nopember di keluarkanlah ultimatum yang berisi ancaman, di samping itu ada instruksi-instruksi yang berisi 6 pasal. Pasal-pasal dari instruksi itu antara lain menyebutkan : bahwa semua pimpinan bangsa Indonesia, termasuk pimpinan-pimpinan Gerakan Pemuda Indonesia, Kepala Polisi, dan Kepala Resmi dari Radio Surabaya, harus datang ke Bataviaweg selambat-lambaatnya pada jam 6 sore. Mereka harus baris satu persatu dengan membawa segala macam senjata yang ada pada mereka. Ultimatum yang menghina itu tidak mendapat sambutan sama sekali dari rakyat Surabaya. Mereka malah berjaga-jaga dan siap menghadapi segala kemungkinan. Pada 10 Nopember terjadilah pertempuran yang sangat dahsyat di Surabaya. Perlawanan terhadap Inggris dilakukan dengan semangat menyala-nyala, dengan persenjataan yang lebih sederhana dari pada musuh. Dalam situasi yang bergolak ini muncullah tokoh Bung Tomo dengan bidato-bidatonya yang berapi-api membangunkan semangat rakyat untuk melawan musuh.









5

2.3  Cara Rakyat Surabaya Mempertahankan Kekuasaannya
Rakyat Surabaya baru dapat di usir oleh Inggris ke luar kota, setelah bombardemen yang dahsyat dan setelah pertempuran yang sengit 21 hari lamanya. Sungguh mengagumkan tekad rakyat Indonesia yang membela kemerdekaannya secara mati-matian. “Gigihnya perlawanan Surabaya di akui sendiri oleh Inggris, baik oleh surat-surat kabar Inggris, maupun oleh pemimpin Inggris” (www.guntur.blogspot.com/2010/04). Surabaya tidak dapat lagi di pertahankan. Pertahanan rakyat kemudian di lakukan di luar kota dengan memblokir Surabaya dari arah selatan (Wonocolo, Waru Sidoarjo), dari arah barat (Sepanjang, Jetis, Mojokerto), dari arah utara (Gresik, Lamongan). Berbulan-bulan diadakan pengepungan dan penyusupan ke kota. Kekalahan dan penderitaan Inggris di Surabaya sangat menyedihkan. Terbukti betapa beratnya peristiwa Surabaya itu bagi Inggris.

















6

BAB III

PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Pertempuran Surabaya adalah sejarah yang tidak akan pernah bisa hilang karena pada 10 Nopember terjadi pertempuran yang sangat dahsyat di Surabaya. Inggris mengerahkan kapal perangnya, kapal udaranya dan tank-tanknya, dengan di ikuti dengan tentara bersenjata lengkap dengan bekal pengalaman dalam Perang Dunia II. Tetapi semangat rakyat Surabaya menyala-nyala untuk melawan Inggris walaupun dengan persenjataan yang lebih sederhana dari  pada musuh. Dalam situasi yang memanas ini muncul tokoh Bung Tomo dengan bidato-bidatonya yang membangunkan semangat rakyat Surabaya untuk melawan musuh. Dan kini pada tanggal 10 Nopember itu di jadikan Hari Pahlawan dan di peringati setiap tahun oleh rakyat Indonesia.


3.2  Saran
Dalam makalah sejarah revolusi nasional pertempuran surabaya ini, di harapkan makalah ini bermanfaat bagi para mahasiswi dan masyarakat umum sebagai bahan penambah wawasan. Dan apa bila ada salah dalam makalah ini kami minta maaf karena makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, saran anda sangat berguna bagi perbaikan dan revisi. Terima kasih.







7

Daftar Rujukan

 Dekker, N. 1980. Sejarah Revolusi Nasional. Jakarta: PN Balai Pustaka.

 Gudang Sejarah. 2013. Sejarah Pertempuran Surabaya, (Online), (www.kumpulansejarah.com/2013/07/sejarah-pertempuran-surabaya.html), diakses 19 Oktober.

 Guntur. 2010. Indonesian Voices, (Online), (www.guntur.blogspot.com/indinesianvoices), diakses 19 Oktober 2013.

 Mohkusnarto. 2010. Peristiwa 10 November 1945, (Online), (www.mohkusnarto.wordspot.com/peristiwa-10-november-1945), diakses 19 Oktober 2013.

 Tim Nasional Penulisan Sejarah Indonesia. 2008. Sejarah Nasional Indonesia.-cet.2-Edisi Pemutakhiran. Jakarta: PT Balai Pustaka.

1 komentar:

  1. The Ultimate Guide To Online Gambling - Poormans
    The Best Online Gambling Sites in the USA — Betway · BetOnline · 1xBet Casino · Caesars · 벳 365 우회 주소 Bovada · MyBookie 비트 코인 게임 · Sportsbet.ag · 에이스포커 Bet 마이크로 게이밍 Now · w88 login BetNow

    BalasHapus